(Bersadarkan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit)

HAK PASIEN
  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di RS
  2. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien
  3. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi
  4. Memperoleh pelayanan kesehatan bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
  5. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi
  6. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan
  7. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di RS
  8. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain (second opinion) yang memiliki Surat Ijin Praktik (SIP) baik di dalam maupun di luar RS
  9. Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya
  10. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya
  11. Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, tindakan alternatif, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan
  12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis
  13. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya
  14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di RS
  15. Mengajukan usul, saran dan perbaikan atas perlakukan RS terhadap dirinya
  16. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya
  17. Menggugat dan/atau menuntut RS apabila RS itu diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata ataupun pidana
  18. Mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
KEWAJIBAN PASIEN
  1. Mematuhi ketentuan/peraturan dan tata tertib yang berlaku di RSUD Provinsi Sulawesi Barat
  2. Memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya
  3. Mematuhi nasihat dan petunjuk dokter atau dokter gigi
  4. Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima
  5. Menghargai hak pasien lain dan tenaga kesehatan
  6. Menjaga kebersihan lingkungan dan tidak melakukan tindakan kriminal selama dalam perawatan
  7. Mematuhi hal-hal yang telah disepakati bersama